Home Profil Sarana & Prasarana

Sarana & Prasarana

FASILITAS

Sebuah Lembaga Pendidikan dapat dianalogikan sebagaimana sebuah satukesatuan perangkat komputer, yang mana disitu terdapat tiga unsur pokok yang tidak bisa dipisahkan, yaitu Hardware, Software dan Brainware.

Hardware adalah perangkat keras, yakni  peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. misalnya seperti Monitor, CPU, Mouse Keyboard, dan berbagai macam alat pelengkap didalamnya.

Software adalah perangkat lunak yakni merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang imengerti oleh komputer.

 

Sedangkan Brainware adalah User, yakni personal-personal yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti System analis, programmer, operator, user dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronick Data Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP.

Semisal dengan pemaparan tersebut, maka tentunya sebuah lembaga pendidikan idealnya juga memiliki ketiga unsur tersebut, yakni Hardware, Software dan Brainware.

Ketiga macam unsur tersebut merupakan satukesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain.

Jika Hardware di sebuah sekolah seperti misalnya Gedung, dan berbagai sarana penunjang lainnya, sudah bagus, Software (layanan program-programnya) juga bagus, namun Brainware-nya (Para tenaga Pendidiknya) tidak bagus, tentu sebuah sekolah tidak akan dapat melakukan proses pendidikan dengan baik. Begitu juga sebaliknya, jika para tenaga pendidiknya (brainwarenya) bagus, namun tidak didukung dengan kelengkapan Hardware dan Software yang bagus dan memadai, tentunya proses pendidikan disebuah sekolah juga lebih memungkinkan akan sangat berat untuk mencapai tujuan pendidikan sebagaimana yang diharapkan.

SD Integral Luqman Al Hakim Trenggalek, sebagai sebuah lembaga pendidikan Integral memperhatikan betul terkait dengan urusan integrasi dari ketiga unsur tersebut diatas, sehingga dari tahun ketahun selalu berusaha menyajikan fasilitas sedemikian rupa sebagai bentuk kepedulian terhadap pemberian daya dukung optimalisasi Proses belajar mengajar, agar ujuan pembelajaran yang diharapkan akan memungkinkan semakin mudah untuk dicapai.

Adapun fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya adalah :

Adapun fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya adalah :

  1. Tenaga pendidik dan pengajar yang berdedikasi, terampil, dan berpengalaman dengan kualifikasi S1 dan S2 Kependidikan
  2. Ruang Kelas yang representatif.
  3. Laboratorium komputer
  4. Laboratorium Bahasa dengan sistem Komputerisasi dan fasilitas Audio Visual
  5. Perpustakaan
  6. Play Ground ( Out Door Activity ).
  7. Lapangan Olah Raga ( futsal, Bulu Tangkis, Tenis Meja )
  8. Layanan psikologi.
  9. Masjid.
  10. Outbond team.